4.2. Prosedur Sistem Usulan
Pada sistem usulan ini, Perusahaan Bina Sarana Indonesia melakukan pembangunan komputerisasi sistem untuk sistem penjualan.Untuk pelayanan yang terbaik kepada Customer maka setiap order penjualan dibantu dengan aplikasi program yang menangani transaksi penjualan. Untuk lebih jelasnya prosedur dari sistem usulan adalah sebagai berikut :
A. Prosedur Order Penjualan
Setiap Customer dapat memesan barang datang langsung atau melalui faximile dengan menyertakan dokumen PO yang diterima oleh Bagian Penjualan. Kemudian Bagian Penjualan berdasarkan PO , mengecek jumlah pesanan dan status Customer dengan stock barang yang berada di file barang dan status Customer berdasarkan file Customer. Apabila stock barang ada maka di lakukan proses pengentrian transaksi nilai penjualan yang disimpan ke file faktur dan file Isi_faktur. Kemudian berdasarkan file faktur dan file Isi_faktur dicetak ke dokumen faktur penjualan( 4 rangkap) yang dikirimkan ke Kasir.
B. Prosedur Pembayaran Tunai
Setelah Customer mendapat konfirmasi tentang pesanan pembelian disetujui, maka Customer melakukan transaksi pembayaran melalui transfer uang ke bank yang ditunjuk dengan bukti setoran. Berdasarkan bukti setoran, Kasir membuka transaksi pembayaran dengan membuka database penjualan (file barang, file customer, file faktur, file Isi_faktur ). Kemudian data pembayaran disimpan kedalam file bayar. Berdasarkan file bayar maka dilakukan pencetakan kwitansi ( dua rangkap ). Semua dokumen penjualan didistribusikan oleh Kasir ke beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :
1. Kwitansi Asli dan Faktur Penjualan Asli diberikan ke Customer.
2. Copy kwitansi dan Copy Faktur Penjualan di berikan ke Bagian Akunting
3. Copy Faktur didistribusikan ke Bagian Penjualan, Bagian Gudang (Tembusan Pengeluaran Barang).
C. Prosedur Jurnal Penjualan
Bagian Akunting melakukan proses up-date transaksi jurnal penjualan berdasarkan file bayar dan file perkiraan yang disimpan ke file jurnal.
D. Prosedur Pengiriman Barang
Bagian Penjualan membuat dokumen Surat Jalan (SJ) dengan mengentry jumlah barang yang dijual berdasarkan database penjualan (fie barang, file customer, file faktur dan file Isi_faktur) yang disimpan dalam file SJ dan file Isi_SJ. Dokumen SJ di berikan ke bagian Pengiriman yang diantar ke Customer. Bagian Gudang menyiapkan barang untuk dikirimkan Ke Customer.
E. Prosedur Pembuatan Laporan
Setiap akhir periode di buat laporan penjualan bulanan, berdasarkan rekap penjualan harian dan faktur penjualan. Laporan stock barang keluar berdasarkan Kartu Stock dan Kartu Gudang. Ke-dua laporan tersebut diberikan kepada Manajer Penjualan untuk proses evaluasi penjualan selama satu bulan.
Posting Komentar